Rabu, 23 Juli 2014

Silsilah SAYYID IDRUS BIN SALIM AL-JUFRI


Beliau adalah Cahaya Rasulullah yang di takdirkan oleh Allah untuk melanjutkan perjuangan seorang Ulama dari tanah Minang untuk mengajarkan Islam kepada suku Kaili yang berdiam di Lembah Palu. Sebelumnya sudah ada seoran Ulama yang pertama-tama mengajarkan Islam kepada masyarakat lembah Palu yaitu Datokaramah ( semoga Rahmat Allah selalu tercurahkan kepada Beliau ). Namun disini penulis mencoba untuk membahas Guru Tua saja.

Nama Beliau adalah SAYYID IDRUS BIN SALIM AL-JUFRI lahir pada hari Senin 14 Sya‘ban tahun 1309 Hijriah/ 14 Maret 1892 Miladiah. Mendengar atau melihat namanya di awali dengan kata SAYYID menandakan bahwa Beliau adalah seorang bangsawan dari keturunan dari AHLUL BAIT yaitu keturunan dari Imam Husain bin Ali Bin Abi Thalib yang merupakan suami dari anak perempuan Nabi Muhammad shallahu alahi wasalam yaitu Fatimah Az-Zahra ( semoga barakah dan ridha Allah tercurahkan kepadanya dan segenap keturunannya beriman serta orang-orang yang mengikutinya ).
Di tanah Kaili Beliau lebih akrab di sebutan dengan GUTU TUA karena pada saat itu dalam madrasah yang di pimpinnya Beliau-lah yang paling tua. Guru Tua yang lahir di kota Taris, sebuah daerah yang berada ± 5 Km dari kota Seiyun di lembah Hadramaut yang merupakan wilayah resmi Negara Yaman Arabia Selatan. Tersebut di dalam Kitab Al Kaukabul Alawy Fie Manaqib Watarjamati Sayyidil Imam Al Bahrul Allamah Alwy Bin Saqqaf Al Jufri karya historien terkenal Syekh Salim Bin Hamied, bahwa Sayyid Idrus Bin Salim Al Jufri, Sang Pendidik Agung Alkhairaat, dari garis ayahnya mempunyai silsilah sebagai berikut :

Idrus — Salim — Alwy — Saqqaf — Alwy — Abdullah — Husain — Salim — Idrus — Muhammad — Abdullah — Alwy — Abu Bakar Al Jufri — Muhammad — Ali — Muhammad — Ahmad — Alwy — Muhammad — Alwy — Ali—Muhammad—Ali — Muhammad Alfaqihulmuqaddam — Ubaidillah — Ahmad Al Muhajir — Isa An Naqib — Muhammad An Naqib — Ali Al-Uraidhy — Ja‘far Ash Shadiq — Muhammad Al Baqir — Ali Zainal Abidin — Husain — Ali Bin Abi Thalib suami Fatimah Az-Zahra binti RASULULLAH MUHAMMAD SHALALLAHU ALAIHI WASALAM bin Abdullah —— Abdul Muthalib — Hasyim — ‘Abdul Manaf — Qushay — Kilab —Murrah — Ka’ab — Luaiy — Ghalib — Fihir — Malik — Nadhar — Kinanah — Khuzaimah — Mudrikah — Ilyas — Mudhar — Nizar — Ma’ad — Adnan — ‘Addi — ‘Adad — Hamyasa — Salaman — Binta — Sahail — Jamal — Haidar — NABI ISMAIL — NABI IBRAHIM — Azar — Nahur — Saru’ — Ra’u — Falikh — Abir — Shalikh — Arfakhshad — Sam — Nabi Nuh — Lamik — Matulsalkh — Nabi Idris — Yarid — Mahla’il — Qinan — Anwas — Sheth — Nabi Adam Alahi Salam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar